Thursday, May 12, 2016

Membuat Animasi Sederhana dengan Photoshop



untuk dapat membuat animasi seperti gambar diatas. Kita akan membuatnya menggunakan Photoshop. Penulis disini masih menggunakan versi cs6 Photoshop , walaupun versi yang mungkin anda gunakan sudah diatas cs6, tapi proses pengerjaannya  sama saja. Langkah pertama buka Photoshop, kemudian buat lembar kerja baru, kemudian ukuran lebar dan tingginya dapat disesuaikan pada contoh gambar dibawah ini :
Kemudian duplikat layer yang kita buat dengan cara klik kanan pada layer lalu pilih duplicat atau dapat juga kita gunakan fungsi CTRL + J
kemudian hapus layer background dan sisakan satu layer utama saja
 pada layer utama tersebut tambahkan satu buah tulisan yang kita ingin jadikan animasi
lalu perbanyak tulisan tersebut dengan cara duplicat layer sehingga hasilnya seperti ini
warnailah dengan warna berbeda pada setiap text pada masing masing layer yang sudah kita duplicat.
jika sudah diwarnai berbeda, selanjutnya pilih menu Windows - Animation, setelah itu  muncul frame pada pojok bawah lembar kerja. Pada sudut frame tersebut klik kemudian pilih Make Frame From Layer untuk menambahkan gambar ke dalam frame.
semua gambar yang kita buat tadi akan masuk ke dalam frame tersebut, kemudian masing masing gambar yang sudah ada didalam frame kita atur delay untuk animation, disini penulis menggunakan delay 1.0 jika sudah,  pilih button play untuk melihat animasi yang kita buat
Jika animasinya berjalan, selanjutnya simpan pekerjaan kita tersebut ke dalam format .gif, caranya pilih menu File lalu pilih Save for Web & Devices. Semoga tutorial singkat ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment