Monday, July 30, 2018

MENUBAR DAN MAINFORM PADA VISUAL BASIC .NET

Halo gan,, Selamat Datang di blog saya ini. Untuk postingan kali ini saya akan membahas tentang pembuatan menubar dan mainform pada VB. NET. Yukk, langgsung ke materi aja,,,

Menubar
Menubar adalah balok yang berisi menu yang akan digunakan untuk mengeksekusi perintah dalam suatu sistem informasi.

MenuStrip
Untu kmembuat menu pada form kita dapat menggunakan nkomponen pada ToolBox berupa MenuStrip, biasanya menu digunakan untuk akses fitur-fitur dari aplikasi yang kita buat dan ditempatkan pada form utama suatu program. Bayangkan jika fitur yang kita buat dalam sebuah program begitu banyak dan kompleks, maka tidak mungkin bagi kita menggunakan control berupa Button atau sejenisnya kedalam tubuh Form karena akan memperjelek tampilan dari Form utama itu sendiri. Untuk mengatasi hal tersebut maka kita dapat mengunakan komponen Menu Strip untuk menampilkan semua fitur dengan tampilan dorpdown menu dari bagian atas form.

Menambahkan MenuStrip
Untuk menambahkan sebuah MenuStrip ke dalam form yang akan kita inginkan, maka kita dapat memilih objek tersebut dari ToolBox yang dikelompokkan pada Menus&Toolbar.
 Menu Strip pada Form

Mengatur Item MenuStrip
Untuk menambah dan mengatur item menu pada kontrol MenuStrip dalam form, kita dapat melakukan klik pada bagian paling kiri dari MenuStrip yang akan kita tambahkan sebuah item. Klik pada bagian putih yang memiliki teks tooltips ‘Type Here” lalu ketikan nama menu yang kita inginkan (misalnya “File”) maka hal tersebut dapat di ilustrasi pada gambar berikut.
Menambahkan "File"

Untuk menambahkan menu di bawah level menu yang baru kita tambahkan (menu “File”) kita ketikan pada item dari anak menu tersebut (misalnya “Open”).Hal tersebut dapat di ilustrasi seperti gambar berikut.
Menambahkan  "Data Pegawai"


Terkadang kita perlu menambahkan teks pemisah antar item menu satu dan lainya pada satu level, untuk kita dapat memilih objek Separator dengan melakukan klik pada ikon panah kebawah pada item yang akan kita atur objeknya.
Menambahkan Separator


Pilih objek Separator lalu menuju item selanjutnya yang masih satu level dengan item sebelumnya, kita ketikan “Exit”.
Menambahkan  "Exit"

Setelah kita mengatur item-item pada control Menu Strip sebagai menu utama pada aplikasi, sekarang kita akan coba memasukan menuliskan kode jika menu tersebut di pilih oleh user. Caranya sama seperti saat kita menambahkan kode pada objek kontrol lainya. Cukup klik ganda pada item pada Menu Strip yang akan kita tambahkan kodenya.


Pada contoh di bawah ini kita akan menambahkan kode pada menu dengan teks “Exit”.
Menulis Kodepada Item Menu Exit

Untuk mengujinya kita jalankan projek yang baru kita buat tersebut, lalu pilih menu “Exit” yang merupakan anak menu “File”.

Membuat Shortcut Key Pada Menu
- Pilih (klik) Menu yang akan diberikan shortcut key nya
- Pada jendela Properties, pilih Shortcut Keys
- Atur kombinasi shorcut key nya.


Mainform
Maninform merupakan sebuah form yang dijadikan form induk tempat untuk mengakses form-form lainnya.
Buatlah desain Form sebagai berikut :

Jadikan Form1 menjadi Form utama dengan mengatur properties sebagai berikut :

IsMdiContainer = True
WindowState = Maximized

Kemudian buatlah form-form yang akan dibuka melalui form utama, misalnya :




Untukmembuka form-form ini melalui form menu utama, perintahnya adalah sebagai berikut :

Nama_Form.MdiParent = Me
Nama_Form.Show()

Double klik pada menustrip yang ingindijadikanpemanggil form, misalnya akan akan memanggil data pegawai, maka kode program diletakkan pada menustrip yang bertuliskan “Data Pegawai” kemudian panggil form yang akan dibuka misal form 2.

PrivateSub DataPegawaiToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DataPegawaiToolStripMenuItem.Click
        Form2.MdiParent = Me
        Form2.Show()
End Sub

Adapun hasilnya adalah sebagai berikut :

Kemudian begitulah seterusnya.

Demikian penjelasan singkat yang saya dapat saya paparkan mengenai materi "Menubar Dan Mainform" pada vb.net ini, Semoga dapat membantu memudahkan dalam belajar bahasa pemrograman, terutama vb.net. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat. Jika ada hal-hal yang perlu disampaikan, silahkan bisa mengisi komentar pada bagian bawah blog ini.
Trima kasih.

No comments:

Post a Comment